120 PRAJURIT KOLINLAMIL NAIK PANGKAT

Jakarta, MAJALAHMILITER,- Setelah minggu kemarin (1/10) Kepala Staf Komando Lintas Laut Militer (Kolinlamil) Laksamana Pertama TNI Sugeng Ing Kaweruh, S.E. menerima laporan kenaikan pangkat 22 perwira Kolinlamil, Senin (2/10) Komandan Detasemen Markas Komando Komando Lintas Laut Militer (Dandenmako Kolinlamil) Letkol Laut (P) Dewa Gede Oka S. menerima laporan kenaikan pangkat 120 prajurit jajaran Kolinlamil baik yang berada di jajaran Mako, Satlinlamil Jakarta dan Satlinlamil Surabaya dinaikkan pangkatnya satu tingkat lebih tinggi dari pangkat semula, yaitu Bintara dan Tamtama. Untuk prajurit jajaran Satlinlamil Surabaya berjumlah 36 orang dan telah melaporkan kenaikan pangkatnya Senin (2/10) bersama dengan perwira Satlinlamil Surabaya yang naik pangkat.

 

          Ke 120 prajurit yang naik pangkat tersebut, terdiri dari 9 orang naik pangkat dari Pembantu Letnan Dua (Pelda) menjadi Pembantu Letnan Satu (Peltu), 28 orang naik dari Serma ke Pelda, 2 orang naik dari Sersan Satu (Sertu) menjadi Sersan Kepala (Serka), 4 orang naik dari Sersan Dua (Serda) menjadi Sersan Satu (Sertu), 15 orang naik dari Kopral Satu (Koptu) menjadi Kopral Kepala (Kopka), 7 orang naik dari Kopral Dua (Kopda) menjadi Kopral Satu (Koptu), 23 orang naik dari Kelasi Kepala (KLK) menjadi Kopral Dua (Kopda), 17 orang naik dari Kelasi Satu (KLS) menjadi Kelasi Kepala (KLK) dan 15 orang naik dari Kelasi Dua (KLD) menjadi Kelasi Satu (KLS).

 

          Dalam amanatnya di Lapangan Laksda TNI Moeljono Silam, Mako Kolinlamil, Tanjung Priok, Jakarta Utara, Dandenmako Kolinlamil mengatakan, dengan upacara pelaporan kenaikan pangkat ini, maka para Bintara dan Tamtama berhak untuk menyandang pangkat satu tingkat lebih tinggi dari pangkat sebelumnya. Dandenmako tak lupa mengucapkan selamat atas kenaikan pangkat kepada 120 orang bintara dan tamtama Kolinlamil tersebut.

 

          Kenaikan pangkat merupakan wujud kepercayaan yang diberikan oleh pemimpin TNI Angkatan Laut kepada para personel yang telah menunjukkan integritas pribadi dan prestasi di dalam mengemban tugas serta loyalitas dan dedikasi terhadap dinas. Hal ini sekaligus sebagai refleksi dan konsistensi prinsip pembinaan personel dengan reward and punishment.

 

          "Pada era teknologi saat ini, sangat mempengaruhi dalam pengembangan profesionalisme kita. Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang semakin canggih serta begitu cepat perubahannya, menuntut kesiapan dan kemampuan kita dalam melaksanakan tugas secara optimal," tambah Dandenmako.

 

          Kepada para bintara dan tamtama, Dandenmako Kolinlamil juga mengharapkan agar mereka memacu diri dengan menambah ilmu pengetahuan baik di dalam maupun di luar lingkup keangkatanlautan. Tuntutan tersebut sangat wajar, karena menurutnya seorang prajurut harus mampu menyerap perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi saat ini dan mengimplementasikan di dalam penugasan sehari-hari.

 

          “Karena kenaikan pangkat merupakan anugerah dan juga amanah dari Tuhan Yang Maha Esa yang harus dipertanggungjawabkan dalam kedinasan. Di samping itu pangkat adalah prestasi dan kebanggaan bagi pribadi maupun keluarga," ungkap Dandenmako.

 

          Usai upacara laporan kenaikan pangkat, para prajurit bintara dan tamtama pun mengikuti tradisi di Kolinlamil dengan diguyur siraman air dari mobil pemadam yang diapkan panitia.(red/penkolinlamil)