Bikin Merinding... Danjen Kopassus Mayjen TNI I Nyoman Cantiasa Pimpin Ikrar Prajurit Kopassus

JAKARTA, MajalahMiliter – Ada yang berbeda dalam serah terima Satuan Kopassus dari Mayjen TNI Eko Mergiyono kepada Mayjen TNI I Nyoman Cantiasa di Lapangan Makopassus, Cijantung, Jakarta Timur, Jumat (1/2) kemarin.

Usai serah terima pasukan secara resmi yang ditandai dengan penyerahan bukur risalah tugas, Danjen Kopassus Mayjen TNI I Nyoman Cantiasa memimpin seluruh prajurit Kopassus untuk membacakan Ikrar Prajurit Kopassus, disaksikan Mayjen TNI Eko Margiyono.

Arbituren sekaligus lulusan terbaik Akmil 1990 ini mengatakan, tingginya dinamika dan pengaruh internal maupun eksternal di masa kini, maka kami berikrar di hadapan Tuhan Yang Maha Esa untuk membulatkan tekad kita sebagai TNI, siap melaksanakan tugas, menjaga Negara Kesatuan Republik Indonesia dari berbagai ancaman.

“Kita harus selalu bekerja berpedoman pada Sapta Marga, Sumpah Prajurit, 8 Wajib TNI dan juga Janji Prajurit Komando yang kami ikrarkan pertama kali saat menjadi prajurit Kopassus. Sehingga, seorang prajurit nantinya akan rela berkorban, cinta Tanah Air, memiliki Wawasan Kebangsaan, sehingga selalu siap saat panggilan tugas datang dimanapun, kapanpun, situasi seperti apapun,” tegasnya.

Ia menambahkan, seorang prajurit Kopassus harus setia pada empat hal. Yang pertama, setia pada pimpinan, setiap pada kawan sebagai buddy system, serta setia pada anak buah. “Kalau dia Danunit, Danton, Danki, Danyon, Dangrup, ia harus setia sama anak buahnya. Ada motto ‘Kita Besar Karena Anak Buah, Kita Hancur Karena Anak Buah’. Terakhir, ini yang paling penting, Prajurit Kopassus setia pada Negara Kesatuan Republik Indonesia, setia membela hingga titik darah penghabisan. Jangan ragukan kami,” tegasnya.

 

Ikrar Prajurit Kopassus

1. Tetap setia kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia, yang berdasarkan Pancasila dan UUD 1945.

2. Tetap berpedoman pada Sapta Marga, Sumpah Prajurit, 8 Wajib TNI dan Janji Prajurit Komando.

3. Rela berkoban demi kejayaan bangsa dan negara.

4. Senantiasa memelihara dan meningkatkan profesionalisme sebagai prajurit Kopassus.

5. Tetap setia pada pimpinan, kawan dan anak buah.