Gelar Rakernas Tahun 2019, Ini Target PB Perbakin Di Bawah Kepemimpinan Mayjen TNI Joni Supriyanto

KABUPATENBOGOR, MajalahMiliter - Pengurus Besar Persatuan Menembak Sasaran dan Berburu Indonesia (PB Perbakin) akan memprioritaskan penyiapan atlet-atlet menembak untuk tampil di event nasional dan internasional.

Hal itu ditegaskan Ketua Umum (Ketum) Perbakin Mayjen TNI Joni Supriyanto dalam sambutannya saat membuka Rapat Kerja Nasional (Rakernas) PB Perbakin Tahun 2019 di Dodiklatpur Rindam Jaya, Gunung Bunder, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

"Sebagaimana saya sampaikan pada saat pelantikan Pengurus Besar Perbakin tanggal 17 Desember 2018 lalu, sebagai prioritas bagi kita semua untuk dapat bekerja semaksimal mungkin guna menyiapkan atlet-atlet menembak, sehingga dapat tampil sebagai juara di event nasional dan internasional yang mengharumkan nama bangsa Indonesia," tegas Mayjen TNI Joni Supriyanto, Jumat (18/1).

Jenderal Bintang Dua yang juga Pangdam Jaya ini menyadari, tidak ringan mewujudkan misi tersebut, sehingga dirinya mengajak seluruh Pengurus Provinsi (Pengprov) Perbakin untuk bekerja keras memajukan olahraga menembak di tanah air.

Menurut Mayjen TNI Joni Supriyanto, olahraga menembak merupakan salah satu cabang yang menjadi andalan Indonesia dalam ajang kejuaraan nasional dan internasional, sehingga diperlukan saran masukan yang membangun dari semua pihak demi kemajuan Perbakin.

"Hal ini harus kita lakukan bersama-sama, sebagaimana visi yang saya sampaikan yaitu 'Melangkah Bersama dan Berprestasi'. Mari kesampingkan segala kepentingan pribadi, politik dan hal-hal lain yang melemahkan upaya yang kita lakukan," tegas Ketum Perbakin masa bakti 2018-2022 ini.

Dalam Rakernas ini, Ketum Perbakin juga menekankan perlunya penataan organisasi dan tugas Perbakin yang adaptif terhadap dinamika perkembangan olahraga menembak dilandasi sistem manajemen yang transparan, akuntabel dan kridibel, sehingga dapat mengembangkan potensi, prestasi dan nilai tambah ekonomis olahraga menembak. “Sumber Daya Manusia (SDM) meliputi kemampuan atlet, pelatih dan komponen SDM lainnya, yang dikembangkan melalui program pelatihan di dalam dan di luar negeri,” papar arbituren Akabri 1986 ini.

Ketum Perbakin juga menekankan agar program disusun secara inovatif, kreatif dan dinamis mulai dari perencanaan, pelaksanaan dan pengawasan, sehingga bisa mengungguli program dari organisasi yang lain. "Yang paling penting dan utama adalah program kita harus lebih tajam dan terarah. Tahun ini kita rencanakan untuk menggelar Kejuaraan Menembak Indonesia Open yang pelaksanaannya bisa digabungkan dengan Kejurnas Menembak," pungkasnya.

Untuk diketahui, Rakernas Perbakin Tahun 2019  ini akan berlangsung selama tiga hari, diikuti oleh 225 orang pengurus dan anggota Perbakin dari 33 Pengurus Provinsi.