Kemhan Gelar Pameran Produk Alutsista Buatan Indonesia

 

Jakarta, MAJALAH MILITER,- Kementerian Pertahanan RI menyelenggarakan Pameran Produk Alutsista karya industri pertahanan Indonesia dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia Ke-72. Pameran ini merupakan bukti dukungan penuh Kemhan dalam upaya kemandirian Alutsista.

Demikian dikatakan Menteri Pertahanan dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan oleh Sekretaris Jenderal Kementerian Pertahanan (Sekjen Kemhan) Dr. Widodo saat secara resmi membuka Pameran Industri Pertahanan, Minggu (13/8) di Lapangan Bhineka Tunggal Ika, Kementerian Pertahanan, Jakarta. Pameran yang terbuka untuk umum tersebut berlangsung selama satu hari dengan tema “Dengan Semangat Kemerdekaan Kita Tingkatkan Kemampuan Industri Pertahanan Melalui Kerja Bersama Seluruh Komponen Bangsa”.

Dalam sambutan Menhan yang dibacakan oleh Sekjen Kemhan dijelaskan bahwa pameran ini juga diharapkan dapat menjadi sarana meningkatkan rasa cinta dan kebanggaan masyarakat pada tanah air dan bangsa melalui promosi produk Alutsista industri pertahanan. Menhan menegaskan bahwa pameran ini diharapkan dapat menjadi media pembelajaran kepada khalayak umum tentang produk alutsista yang telah dapat dihasilkan oleh industri pertahanan Indonesia.

Menhan melanjutkan, karya industri pertahanan dalam negeri dari 35 industri pertahanan ini merupakan hasil rancang bangun anak bangsa Indonesia sebagai sumbangsih dalam mendukung kekuatan pertahanan negara. Produk alutsista dalam negeri hasil karya anak bangsa ini perlu diapresiasi dan berdayakan guna mewujudkan kekuatan TNI yang unggul dilandasi kemandirian.

Pameran ini menampilkan sejumlah produk – produk industri pertahanan dalam negeri baik dari perusahaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) maupun Badan Usaha Milik Swasta (BUMS).

Dari perusahaan BUMN turut serta ambil bagian antara lain PT Dirgantara Indonesia, PT Pindad, PT Dahana, PT Len Industri, PT INTI dan PT PAL Indonesia. Sedangkan dari BUMS antara lain PT Elektronika Utama ITB, PT Enindo Mitra Tama, PT Infoglobal Teknologi Semesta, PT Garda Persada, PT Infra RCS, PT Robo Marine Indonesia, PT Mega Perkasa Enginering dan PT IPCD.

Selanjutnya PT Sari Bahari, PT Carita Boat Indonesia, PT Aryafan Eko Perkasa, PT T&E Simulation, PT Nusantara Turbin Propulsi ,PT Uavindo Nusantara, PT Harif Daya Tunggal engineering, PT Bhimasena, PT Saba Wijaya, PT Bhineka Dwi Persada, PT Maju Mapan, PT Indoguardika Cipta Kreasi, PT CMI, PT Daya Radar Utama, PT Merpati Wahana Raya, PT Elmas Viana Jaya, PT Prasandha Duma Yasa, PT Lundin Investment dan PT Napindo Media Ashatama.

Turut hadir menyaksikan pameran Alutsista produk industri pertahanan dalam negeri ini antara lain; Anggota Komisi I DPR, Pejabat di lingkungan Kemhan, Mabes TNI, Mabes Angkatan, Polri, Komite Kebijakan Industri Pertahanan (KKIP) dan masyarakat Ibu Kota yang sedang melaksanakan olah raga minggu pagi di area Jalan Merdeka dan Monumen Nasional.