KOMANDAN KORPS MARINIR PIMPIN PRAJURITNYA NAPAK TILAS DI PEMALANG

Majalah Militer,- Komandan Korps Marinir (Dankormar) Mayor Jenderal TNI (Mar) RM. Trusono, S.Mn. memimpin ratusan prajuritnya melaksanakan napak tilas dengan berjalan kaki mulai dari Kecamatan Pemalang dan finish di Pendopo Pemkab Pemalang, Minggu siang (13/11/2016).

Kegiatan orang nomor satu di jajaran Korps Marinir tersebut dilaksanakan dalam rangka mengenang kembali rute perjuangan prajurit Corps Mariniers (CM) Corps Armada (CA) yang merupakan embrio prajurit Korps Marinir TNI AL saat ini. 

Selain Dankormar, ikut dalam pelaksanaan napak tilas yang menelusuri Jl. Gatot Subroto-Jl. Jenderal Ahmad Yani-Jl. Kyai Makmur tersebut, pejabat utama dan 21 Perwira Remaja (Paja) Korps Marinir, tim kolone senapan dan satu tim Korps Musik Marinir, sejumlah pejabat Forkopimda, perwakilan TNI dan Polri serta beberapa elemen masyarakat kabupaten Pemalang.

Sebelumnya Dankormar memimpin ziarah dan tabur bunga di TMP Jayana Sureng Yudha yang terletak di desa penggarit didampingi pejabat Forkopimda, pejabat utama Korps Marinir, perwakilan TNI-Polri dan Legium Veteran Republik Indonesia LVRI), perwakilan pelajar dan pramuka serta ibu-ibu Jalasenastri.

Tiba di finish Napak Tilas, Dankormar dan rombongan disambut langsung Bupati Pemalang H. Junaedi, SH, MM di pendopo kantor Bupati Pemalang dengan tarian Kebo Abang yang merupakan tarian khas tradisional Pemalang untuk menyambut para tamu kehormatan. Bupati juga sempat mengajak Dankormar foto bersama dengan 12 penari kebo abang.

Usai tarian, satu tim kolone senapan Marinir berseragam doreng khas Marinir pimpinan Kapten Marinir Rudi Maruli selanjutnya mempertontonkan kebolehannya dalam olah dan gerak senjata menggunakan senjata organik mereka SS-1 Pindad. Di tangan para prajurit Korps Marinir ini, senjata dengan berat 3,37 kg ini dimainkan dalam beberapa olah gerak yang cukup dinamis diiring derap langkah yang harmoni.

Di tempat yang sama, pada malam harinya dilaksanakan acara tasyakuran dan pentas seni yang dihadiri Dankormar, Bupati Pemalang dan pejabat Forkopimda, pejabat utama Korps Marinir dan undangan lainnya. Pada kesempatan ini Dankormar dan Bupati Pemalang saling bertukar cindera mata.

Kegiatan Korps Marinir di kabupaten Pemalang diselenggarakan dalam rangka memeriahkan HUT ke-71 Korps Baret Ungu yang jatuh pada 15 November 2016 mendatang. Acara dapat terselenggara dengan lancar dan sukses berkat kerjasama panitia penyelenggara yang diketuai Asisten Personel (Aspers) Dankormar Kolonel Marinir Nuri A. Djatmika dan Pemkab serta warga Pemalang.(penkormar/red)