MARSMA TNI HADI TJAHJANTO DANLANUD ABD YANG BARU

Majalahmiliter,-  Panglima Komando Operasi Angkatan Udara (Pangkoopsau) II, Marsekal Pertama TNI Barhim, melantik Marsma TNI Hadi Tjahjanto, S.IP. menjadi Komandan Lanud Abd Saleh yang baru menggantikan Marsma TNI Sungkono, S.E., M.Si. dalam Upacara Militer Serah Terima Jabatan (Sertijab) yang dilaksanakan di Taxy Way Skadron Udara 32 Lanud Abd Saleh, disaksikan seluruh Pejabat Lanud Abd beserta Insub serta para pejabat TNI/Polri, para pejabat Muspida se-Malang Raya, para Tokoh Agama dan para undangan lainnya, Selasa (5/5).

            Pangkoopsau II Marsma TNI Barhim, dalam sambutannya mangatakan bahwa, pergantian jabatan ini merupakan bagian dari sistem pembinaan di lingkungan TNI Angkatan Udara, sebagai upaya pendinamisasian organisasi yang dilaksanakan secara terencana, terarah dan berkesinambungan sebagai upaya pembinaan personel bagi yang    bersangkutan,  dalam pengawakan organisasi  yang dilakukan secara konsisten, untuk   menjawab  tantangan dan tuntutan  tugas  yang semakin dinamis. Lebih lanjut dikatakan Lanud Abdulrachman Saleh,  yang berada di wilayah jawa timur, dimana tergelar pesawat-pesawat angkut berat dan angkut  ringan, serta unsur-unsur strategis lainnya, telah menjadikan Lanud Abdulrachman Saleh  sebagai ujung tombak pelaksanaan tugas-tugas Koopsau II. Oleh karena itu, Pangkoopsau II minta agar seluruh jajaran  Lanud Abdulrachman Saleh, senantiasa berada pada kesiapan operasional yang tinggidenganmengedepankan         disiplin dalam setiap pelaksanaan tugas. karena hanya dengan disiplin yang tinggi, dan dilandasi semangat yang tinggi pula, tugas-tugas Lanud Abdulrachman Saleh sebagai  satuan   pelaksana  operasi Koopsau II, dapat dilaksanakan dengan baik.

Sementara yang terkait dengan aset-aset yang berada di dalam wilayah              pembinaan   Lanud Abdulrachman  Saleh, seperti kawasan  Awr Pandan  Wangi  di Kabupaten Lumajang, agar Komandan Lanud dapat mengoptimalkan fungsi AWR tersebut sesuai dengan peruntukannya.  Lakukanlah berbagai aktifitas kegiatan serta latihan  secara  terarah   dan terukur, sehingga fasilitas latihan tersebut dapat dimanfaatkan secara optimal bagi awak pesawat dalam meningkatkan kemampuan taktis maupun strategis baik perorangan maupun team dalam menjaga profesionalitas yang dimiliki satuan ini.

            Dalam rangkaian sertijab Komandan Lanud Abd Saleh, diserah terimakan pula jabatan Ketua PIA Ardhya Garini Cabang 3/D II Lanud Abd dari Ny Ninik Sungkono, kepada Ny. Nanik Hadi Tjahjanto, yang disaksikan Ketua PIA Ardhya Garini Daerah II Koopsau II, Ny. Barhim, dan segenap pengurus PIA AG Lanud Abd Saleh, di Gedung Cakrawala Lanud Abd Saleh.

            Usai sertijab dilanjutkan dengan acara pisah sambut Komandan Lanud Abd Saleh di Hanggar Skadron Udara 32 Lanud Abd Saleh dan diakhiri dengan passing in dan out Komandan Lanud Abd Saleh yang disaksikan oleh seluruh anggota Lanud Abd Saleh.   Dengan berakhirnya acara tersebut, Marsma TNI Sungkono selanjutnya akan menuju Jakarta untuk melaksanakan tugas sebagai Pati Sahli Kasau Bidang Polhukam sedangkan Marsma TNI Hadi Tjahjanto yang sebelumnya menjabat sebagai Kadispenau Jakarta, maka mulai saat itu telah resmi menjadi Komandan Lanud Abd Saleh yang kesehariannya mengoperasikan tiga Pesawat (Hercules, Casa, dan Supertucano).

            Selamat jalan Marsma Sungkono dan Ibu Ninik Sunarti, baktimu di sarang Herky Lembah Bromo akan selalu kami kenang.  Goresan penamu dalam peresmian berbagai fasilitas yang berhasil dibangun dalam kepemimpinanmu menjadi penyemangat bagi kami untuk selalu berpegang pada visi kerjamu.   Beriman, berkarakter, professional, militansi, bersih dan tertib, bangga dan cinta tugas serta kerja keras, kerja cerdas, dan kerja ikhlas akan menghasilkan kerja yang berkualitas akan selalu menghiasi langkah-langkah pengabdian kami yang akan rindu motivasimu.  Semoga Tuhan Yang Maha Kuasa selalu melindungi derap langkah pengabdianmu.

2

Kini tiba saatnya Marsma TNI Hadi Tjahjanto yang merupakan alumni AAU 1986 dan Sekbang 1987, memegang tampuk pimpinan di Lanud Abd Saleh.  Keberhasilannya membangun rumah tangga bersama Ibu Nanik Istumawati,dengan dikaruniai dua orang putra-putri (Hanica Relingga Dara Ayu dan Handika Relangga Bima Yogatama) dan suasana keluarga yang harmonis, menjadi tolak ukur kesuksesan dalam pelaksanaan tugas sebagai ksatria dirgantara.   Selamat datang kembali wahai Pati TNI AU putra  terbaik Kota Malang.  Kepemimpinanmu di Lanud Abd beberapa tahun yang lalu, telah menjadikan kerinduan kami untuk menyambut kehadiranmu bersama kami kembali.  Kami percaya, bersamamu kepak sayap Prajurit Bromo Valey akan menjadikan Swa Bhuana Paksa semakin jaya.