Menpora Puji Proses Seleksi Petembak Yang Dilakukan PB Perbakin

JAKARTA, MajalahMiliter – Ketua Umum Pengurus Besar Persatuan Menembak Sasaran dan Berburu Indonesia (PB Perbakin) Mayjen TNI Joni Supriyanto, menerima kunjungan Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Imam Nahrawi yang datang untuk melihat langsung proses seleksi nasional (Seleknas) petembak yang akan diterjunkan dalam event Pesta Olahraga Asia Tenggara (SEA Games) di Filipina pada November 2019 mendatang. Proses seleksi ini berlangsung sejak 18 hingga 25 Januari 2019 mendatang.

Di hadapan pengurus PB Perbakin serta peserta Seleknas, Menpora Imam Nahrawi mengaku gembira lantaran baru kali ini dirinya bisa melihat langsung proses seleksi para petembak yang dilakukan secara terbuka oleh PB Perbakin. "Ini artinya ada komitmen yang luar biasa dari Ketua Umum Perbakin dan jajaran untuk memastikan. ke depan kita harus jadi pelaku dengan membawa kegembiraan bagi Indonesia dengan medali," ujar Menpora.

Sementara, kepada peserta Seleknas, Menpora memberikan motivasi agar tidak berkecil hati mengikuti seleksi ini. "Tentu kita tidak boleh berkecil hati, dengan seleksi seperti ini, saya kira akan memotivasi kita semua bahwa di multievent SEA Games dan Olimpiade dapat diikuti di semua nomor. Tentu kualifikasi Olimpiade harus kita maksimalkan dan harus ada prioritas. Bahwa bagaimana seluruh proses menuju ke Olimpiade itu yang harus diikuti oleh atlet,” kata Menpora.

Ditambahkan olehnya, ia pun berharap tradisi juara menembak yang diraih oleh TNI di berbagai level internasional, bisa dibudayakan untuk para atlet olahraga menembak Indonesia. “Kita memiliki sejarah besar di bidang menembak, kita harus membudayakan kembali tradisi menembak. TNI memiliki banyak tentara yang mengikuti kejuaraan menembak tingkat ASEAN, Asia dan duna. Motivasi ini yang harus ditularkan kepada atlet junior,” tandasnya.

Sementara itu, Ketua Umum PB Perbakin Mayjen TNI Joni Supriyanto mengatakan, proses seleksi petembak kali ini dibuat setransparan dan seadil mungkin, sehingga atlet yang diberangkatkan ke SEA Games memang atlet terbaik dan pantas mewakili Indonesia. Ia mengatakan, Seleknas kali ini diikuti 65 petembak dari seluruh Indonesia.

"Di setiap nomor ada empat orang dan satu timnya ada dua orang. Seleksi ini kita siapkan disamping untuk SEA Games 2019, juga untuk Olimpiade 2020. Jadi ada nomor yang dilombakan di SEA Games, tapi tidak dilombakan di Olimpiade. Untuk di SEA Games ada 22 nomor dan Indonesia mengikuti semua nomor," terang pria yang sehari-hari menjabat sebagai Pangdam Jaya/Jayakarta ini.

Di lokasi seleksi danlatihan menembak, Menpora Imam Nahrawi didampingi Ketua Umum PB Perbakin Mayjen TNI Joni Supriyanto mencoba menembak di nomor air pistol 10m, nomor air rifle 10m dan nomor metal siluet. Beberapa kali mencoba, akhirnya tembakan Menpora mengenai target di semua nomor yang dicobanya.