PANGARMABAR PIMPIN SERTIJAB DANKOLATARMABAR, DANSATROLARMABAR DAN KADISPENARMABAR

MAJALAHMILITER.CO.ID  Panglima Komando Armada RI Kawasan Barat (Pangarmabar) Laksamana Muda TNI Aan Kurnia, S.Sos menerima  penyerahan jabatan Komandan Komando Latihan Koarmabar (Dankolatarambar) dari Kolonel Laut (P) Deni Septiana, S.IP., M.A.P  dan memimpin  serah terima jabatan Komandan Satuan Kapal Patroli Komando Armada RI Kawasan Barat (Dansatrolarmabar) dari Kolonel Laut (P) Johanes Djanarko kepada Kolonel Laut (P) Jales Jamca Jayamahe, di Lapangan Arafuru Markas Komando (Mako) Koarmabar, Jalan Gunung Sahari Raya No. 67, Jakarta Pusat, Jumat (22/9/17).

Setelah itu juga diserahterimakan jabatan Kepala Dinas Penerangan Koarmabar (Kadispenarmabar) dari Letkol Laut (KH) Budi Amin, S.E  kepada Letkol Laut (P) Agung Nugroho, S.E.,Mtr. Hanla di GOR O.B. Syaaf, Mako Koarmabar.

Dalam amanatnya Pangamabar mengatakan, serah terima jabatan dan penyerahan jabatan memiliki makna penting dan strategis, karena terkait dengan dinamika proses kesinambungan pembinaan secara utuh dan menyeluruh baik pembinaan organisasi dan personel serta regenerasi di lingkungan Koarmabar khususnya dan TNI Angkatan Laut padaumumnya.

“Karena itu, mekanisme pergantian pejabat seperti ini, tidak hanya dimaknai sebagai pergantian personel semata, tetapi lebih dari itu merupakan proses kesinambungan pembinaan yang mendorong semangat pembaruan dan penyegaran bagi peningkatan peran organisasi,”kata Pangarmabar.

Menurut Pangarmabar, penyerahan Tongkat Komando dan Dhuaja, merupakan simbol dari proses estafet kepemimpinan agar organisasi menjadi lebih baik dari waktu ke waktu. Jabatan yang baru saja diserahterimakan merupakan jabatan di komando pelaksana pembinaan, penyelenggaraan latihan, dan pengembangan di lingkungan Koarmabar. Satrol Koarmabar selaku pelaksana pembinaan kekuatan dan kemampuan tempur unsur-unsur organiknya dalam bidang keamanan laut, peperangan anti kapal permukaan terbatas dan peperangan anti serangan udara terbatas. 

“Sementara itu Kolat Koarmabar sebagai komando pelaksana pembinaan memiliki tugas membina dan menyelenggarakan latihan-latihan serta mengkaji dan mengembangkan taktik maupun teknik peperangan laut di lingkungan Koarmabar. Sedangkan Dispen Koarmabar bertugas membina dan melaksanakan penerangan pasukan dan penerangan kepada masyarakat pada umumnya, serta pembinaan sejarah di lingkungan Koarmabar,”ujarnya.

Menurutnya, semua tugas dan tanggung jawab tersebut menjadi satu kesatuan yang utuh dan melekat pada masing-masing bagian dalam melaksanakan tugas pokok TNI Angkatan Laut khususnya tugas pokok Koarmabar. Untuk mencapai hal tersebut, diperlukan manajerial yang baik bagi para pemegang komandonya, dalam mengelola dan memanfaatkan sumber daya secara optimal, guna terbinanya kemampuan tempur prajurit matra laut yang handal dan profesional. Terbinanya kemampuan tempur prajurit secara profesional dan didukung oleh disiplin dan sikap militan setiap prajurit merupakan hasil yang sangat berharga bagi eksistensi dan tampilan koarmabar yang semakin baik, dari waktu ke waktu dalam melaksanakan tugas.

“Saya  berikan arahan kepada pejabat yang baru dilantik antara lain agar dalam membina dan memimpin Satuannya dengan benar berlandaskan keimanan dan ketakwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa serta berpedoman pada Sapta Marga, Sumpah Prajurit dan Trisila TNI Angkatan Laut juga untuk memahami dan melaksanan Perintah Harian Pangarmabar sebagai pedoman dalam pelaksanaan tugas atau kedinasan, melaksanakan tugas secara profesional dan proporsional sesuai koridor hukum yang berlaku. Selain itu juga agar melaksanakan pembinaan terhadap personel untuk meningkatkan profesionalisme prajurit matra laut yang handal dan disegani dan meningkatkan kepedulian terhadap setiap pelaksanaan kegiatan di satuan kerjanyayang sesuai dengan “SOP” demi tercapainya zero accident,”pungkasnya.

Hadir pada upacara tersebut antara lain Kasarmabar Laksamana Pertama TNI Yudo Margono, S.E., Danguspurlaarmabar Laksamana Pertama TNI Arsyad Abdullah, S.E., dan Para Pejabat Utama Koarmabar.(Can)