Profesi Wartawan Sangat Mulia. Kadang Masih Ada Informasi Hoax

MAJALAHMILITER.CO.ID  Profesi Journalist bila dikerjakan secara profesional pekerjaaannya itu  sangatlah mulia demi bangsa dan negara itu sendiri.

Hanya saja, kadang masih ada oknum wartawan yada memberi informasi sifatnya belum benar (hoax) tanpa kroscek langsung diberitakan dan apalagi di erah kemajuan media elektronik .

 Pandangan ini diutarakan Kapolres Pinrang, AKBP Adhi Purboyo,S.Ik, diruang kerjanya, Senin (21/8/2017) kepada JOIN Sulawesi Selatan.

AKBP Adhi Purboyo, S.Ik, yang baru beberapa bulan menjabat Kapolres Pinrang, menggantikan AKBP Leo, mengapresiasi akan diselenggarakannya, Kongres pertama Journalis Online Indonesia (JOIN) di Makassar dan dipercaya sebagai penyelenggara Kongres pertama JOIN.

Harapannya, dalam kongres ini  semakin menanamkan semangat  dan terciptanya antar jurnalis media online /siber untuk menjadikan dasar persatuan Indonesia dalam arti luasnya.

Sehingga karya mulia dari seorang  jurnalis sangat bermanfaat bagi publik. Tapi bukan sebaliknya justru menyesatkan dengan informasi hoax.

Kabupaten Pinrang, oleh Dewan Pers, disaman Prof.Andi Muis, mengakui Wartawan dan LSM , mengadakan seminar implementasi  UU No.40/1999 tentang Pers, dengan peserta PNS,  Umum, serta wartawan sendiri, dengan pameteri Dewan Pers, Prof.Andi Muis, Ketua PWI Pusat , saat itu Tarman Azam (keduanya sudah Almarhum).

Untuk itu, dengan senang hati, AKBP Adhi Purboyo,S.IK,  saat diajak untuk adakan seminar sehari  tentang pemahaman tugas ,penyidik oleh wartawan di Pinrang, khususnya wartawan online, dijawab dengan senyum yang memiliki arti ' Insya Allah'.

 PERLU :

Pemerhati hukum Muh.Yusuf, dan Idrus , menyambut kongres JOIN Oktober 2017. 

Kongres, seminar pemahaman penangan kasus dari penyidik (kepolisian), penuntut (Jaksa) proses persidangan (Pengadilan) dan Penasehat Hukum.

“Pasalnya , kadang masi dalam status penyelidikan anggapan miring sudah beredar kemana-mana. " Apalagi, kalau tersangkanya dalam status hukum tahanan luar, dan kota, ' inilah diantara satu bagian yang perlu di pahami pelaku Journalist , dan bahkan adapulah , dibebaskan dari tahanan demi hukum, " kata Idrus

Menurutnya, masih banyak proses hukum yang masih perlu di pahami pelaku Journalis. " Kongres JOIN ini sangat membantu pelaku penegak hukum, itu sendiri dan termasuk wartawan dalam menjalangkan tugas dilapangan dengan harapan setiap informasi sebaiknya dikonfirmasi dengan petugas yang menangani kasus tersebut. (can)