Serah Terima Satuan, Ini Fokus Danjen Kopassus Mayjen TNI I Nyoman Cantiasa

JAKARTA, MajalahMiliter – Komando Pasukan Khusus (Kopassus) menyelenggarakan serah terima satuan dan pasukan, dari Mayjen TNI Eko Margiyono kepada Mayjen TNI I Nyoman Cantiasa di Lapangan Upacara Makopassus, Cijantung, Jakarta Timur, Jumat (1/2), setelah sebelumnya dilakukan serah terima jabatan yang dipimpin oleh Kasad Jenderal TNI Andika Perkasa pada Kamis (31/1).

Pada kegiatan yang berlangsung dengan sederhana dan khidmat ini, Mayjen TNI Eko Margiyono yang kini menjabat sebagai Pandam Jaya/Jayakarta dalam amanatnya mengucapkan terima kasih penghargan kepada semua prajurit Kopassus dan keluarga yang memberikan kesetiaan, loyalitas, dedikasi dan kinerjanya. “Sehingga, tugas pokok dan fungsi Kopassus dapat berjalan dengan baik dan lancara selama 10 bulan 10 hari saya menjabat sebagai Danjen Kopassus,” ujarya.

Lanjutnya, kedepan seluruh prajurit Kopassus harus memelihara apa yang dicapai selama ini, dipelihara, dipupuk dan ditingkatkan, karena tantangan kedepan semakin tidak ringan, sebab dinamikan situasi nasional, regional dan global sangat tinggi dan cepat. “Semua memerlukan langkah antisipasi yang cepat dan tepat, serta peran aktif satuan Kopassus,” pesannya.

Sementara itu, Danjen Kopassus Mayjen TNI I Nyoman Cantiasa mengatakan, sebagai pimpinan ia siap dan akan melanjutkan kerja Mayjen TNI Eko Margiyono, meningkatkan prestasi yang telah dicapai, serta melakukan evaluasi untuk pelaksanaan tugas kedepan agar Kopassus menjadi semakin lebih baik.

Lulusan terbaik Akmil 1990 ini mengatakan, dinamika situasi saat ini membuatnya harus menyiapkan Kopassus dengan baik. Menurutnya, jika satuan tidak disiapkan dengan baik, prajurit tidak disiapkan dengan baik, ending-nya, output-nya tidak baik.

Prajurit Kopassus adalah atlet-atlet perang, atlet ini berarti harus disiapkan, dirancang, dibina, dilengkapi dan dirawat untuk siap melaksanakan tugas-tugas kedepan yang dinamikanya cukup kompleks. Sehingga mereka harus siap untuk melaksanakan tugas-tugas Operasi Militer Perang (OMP), Operasi Militer Selain Perang (OMSP) dan tugas-tugas nir militer,” tegasnya.

Serah terima satuan dan pasuskan Kopassus ini dihadiri oleh Wadanjen Kopassus Kolonel Inf Mohamad Hasan, para Pamen Ahli Kopassus, para Asisten Danjen Kopassus, Komandan Pusdiklatpassus, Komandan Grup-1, Grup-2 dan Grup-3, Komandan Satuan-81 Kopassus, serta segenap prajurit dan ASN Kopassus.