Tes Akademik Polri Dipantau Langsung Oleh Kapolda Sulbar

Mamuju.Sulbar.MAJALAH MILITER --Ujian seleksi penerimaan Polri Tahun Anggaran 2019 dan hari ini seleksi tahap akademik Senin (13/5/19) yang berlangsung di 7 titik lokasi sekolah yaitu SMKN 1 Mamuju, SMK 1 Rangas, SMK Fatimah, SMA 1, SMA 2, SMA 3 dan SMP 2 Mamuju.

Kapolda Sulbar Brigjen Pol Drs. Baharudin Djafar, M.Si didampingi Kabid Propam mengecek langsung ke 7 lokasi yang menjadi pusat tes akademik tersebut.Kegiatan ini dilakukan sebagai upaya untuk memastikan pelaksanaan tes tetap memegang teguh prinsip Betah (Bersih, Transfaran, Akuntabel dan Humanis) demi mewujudkan calon peserta Polri yang lebih berkualitas dan kompotitif.
Hal tersebut disampaikan oleh Kabid Humas Akbp. Hj. Mashura.

" Kapolda Sulbar selain mengecek seluruh lokasi tes akademik hari ini, Kapolda juga memberikan arahan kepada para peserta untuk tetap percaya dengan kemampuan sendiri dan jangan lupa berdoa disetiap kegiatan agar lebih dimudahkan Allah Azza Wajallah."

Disamping itu, pihak panitia juga diminta untuk betul-betul menyelenggarakan proses seleksi ini dengan bersih dan transfaran. Kita harus pertahankan kepercayaan masyarakat bahwa penerimaan Polri betul-betul sudah tidak memungut biaya alias gratis.

“ini juga kita lakukan untuk menyaring para peserta yang betul-betul smart, berkualitas dan kompotitif sehingga tugas Polri kedepan lebih terlaksana dengan amanah,” ucap Kabid Humas Akbp.hj.Mashura.

Ujian akademik ini akan berlangsung selama 2 hari terhitung dari tanggal 13-14 Mei 2019 dengan peserta sebanyak 362 (Tiga Ratus Enam Puluh Dua) dengan rincian 360 Bintara Bintara PTU/Brimob dan 2 Talentscoting.

Pada ujian sebelumnya yaitu tes Pisiko peserta sebanyak 612 dengan rincian 558 Bintara PTU/Brimob, 2 Talentscoting, 1 Polairud, 2 Perawat, 12 TI, 10 Akpol dan 27 Tamtama. Hal ini menandakan hampir setengah gugur pada tes pisiko.

Sememtara Karo SDM Kombes Pol Nuryanto, SIK, M.SI juga menyampaikan pada ujian tes akademik ini ada beberapa tahapan seleksi yang harus dilalui oleh seluruh peserta ujian yaitu Matematika (IPA/IPS), Bahasa Indonesia, Pengetahuan Umum, Bahasa Inggris, Aspek Pengetahuan, Aspek Keterampilan dan Aspek Perilaku.

“kami akan betul-betul menyaring peserta terbaik. Selain itu, kami harapkan orang tua maupun peserta jangan pernah percaya pada calo karena kelulusan ditentukan dari kemampuan masing-masing peserta,”  Terang Mashura menjelaskan.