Tingkatkan Kualitas Tiga Pilar Pendidikan

Upacara Bendera

Majalah Militer. Kadisopsdik Wingdikum Letkol Adm Agus Setyo Hartono, S.AP selaku inspektur upacara memberikan penekanan akan tiga pilar pendidikan saat upacara bendera mingguan di Markas Wingdikum, Bogor. Senin (25/8). “Kualitas siswa ditentukan dari kualitas lembaga pendidikan. Untuk mempertahankannya, maka perlu adanya peningkatan kualitas tiga pilar pendidikan,” tegasnya. Tiga pilar tersebut antara lain akademis, kepribadian dan kesegaran jasmani.

Menurutnya, ketiga pilar tersebut tidak dapat terpisahkan. “Nilai akademis sudah pasti harus melebihi standart yang ditetapkan lembaga pendidikan untuk lulus. Namun hal tersebut tidak mengesampingkan nilai kepribadian dan nilai kesegaran jasmani,” katanya. Misalnya, siswa mendapatkan nilai akademis memuaskan, tetapi dalam kesehariannya jarang mengikuti kegiatan keagamaan dan nilai kesegaran jasmaninya kurang, maka itu mempengaruhi kelulusan siswa.

 “Hal ini tidak terlepas dari peran aktif siswa dan instruktur,” paparnya. Dikatakan bahwa semuanya itu dapat berjalan beriringan jika adanya sinkronisasi dan komunikasi diantara keduanya. Karena, melalui para siswa inilah sebuah lembaga pendidikan akan dinilai. “Jangan sampai dengan selesainya pendidikan, siswa tidak memiliki nilai tambah yang bisa dibanggakan dan diaplikasikan di kesatuannya,” tegasnya. Di samping itu, lanjutnya, kedepan akan direncanakan penilaian, penyegaran dan evaluasi terhadap instruktur-instruktur di jajaran Wingdikum. “Ini dilakukan dalam rangka peningkatan kualitas instruktur dan melihat sejauhmana perkembangan para instruktur dalam proses belajar mengajar,” katanya

 

Bogor, 25 Agustus 2014

Kapentak Wingdikum

 

Dhanu Wijaya Kusuma

Lettu Sus NRP 539554

 

Majalah Militer